Skip to main content

Aneka Kreativitas Ber-PA "Ditetapkan untuk Menghasilkan Buah"

Ditetapkan untuk Menghasilkan Buah karya Michael Densmoor masih menjadi bahan PA staf SABDA selama April ini. Sistematika bahan dan kedalaman pembahasan ayat melalui renungan yang disampaikan sangat menolong kami dalam ber-PA. Kami bisa menggali ayat secara sistematis, sebab setiap renungan menggunakan ayat yang berurutan. Sementara itu, renungan yang disajikan sangatlah mendalam dan memberi pengertian-pengertian yang baru bagi kami untuk senantiasa melekat kepada Tuhan dan hidup seturut dengan firman-Nya sehingga hidup kami bisa berbuah, bahkan berbuah banyak.

Gambar: Buku Ditetapkan untuk Menghasilkan Buah

Fokus PA dalam bulan ini adalah Yohanes 14 dan 15. Dalam pelaksanaannya, kami dibagi ke dalam beberapa kelompok PA. Setiap kelompok terdiri dari 3 -- 4 orang. Pada dasarnya, kami memakai metode S.A.B.D.A. (Simak, Analisa, Belajar, Doa+Diskusi, Aplikasi) dengan berbagai variasi untuk diterapkan dalam waktu PA yang terbatas. Dalam kelompok, akan ada langkah simak dengan membaca ayat berulang-ulang dan membandingkan dengan beberapa versi. Ada juga yang melakukan analisis dengan membuka Alkitab PEDIA atau Kamus Alkitab untuk mengetahui makna kata yang penting dalam ayat itu dan belajar, lalu membagikan aplikasi dan pokok doa.

Menariknya, setiap kelompok memiliki kreasi dari penerapan metode S.A.B.D.A. ini ketika melakukan PA dengan bahan renungan Michael Densmoor. Saking kreatifnya, dalam satu kelompok pun bisa memakai beberapa metode saat ber-PA, tergantung siapa yang memimpin PA dalam kelompok tersebut. Berikut ini adalah metode-metode PA yang kami lakukan:

Metode 1

  • Seseorang membaca ayat kunci, lalu merenungkannya selama beberapa menit. Bacaan ayat dibaca secara pribadi. Setelah itu, setiap anggota akan membagikan hasil perenungan ayat.
  • Seseorang/setiap orang secara bergantian membaca renungan, sekaligus membaca satu pertanyaan, lalu merenungkannya beberapa menit. Setelah itu, setiap anggota membagikan hasil pelajaran yang didapat dari renungan.
  • Berbagi aplikasi/hal yang akan dilakukan sebagai respons terhadap firman Tuhan.

Metode 2

  • Ayat kunci, renungan, dan pertanyaan dibaca sekaligus secara berurutan oleh seseorang atau secara bergantian.
  • Merenungkan sejenak ayat kunci dan renungan, lalu menjawab pertanyaan, dan membagikan pelajaran yang didapat.
  • Berbagi aplikasi/hal yang akan dilakukan sebagai respons terhadap firman Tuhan.

Metode 3

  • Ayat kunci, ayat bacaan dibaca dengan bersuara, lalu direnungkan. Hasil belajar ayat dibagikan dalam kelompok.
  • Membaca renungan + pertanyaan, dilanjutkan berbagi hasil pelajaran yang didapat dari renungan sekaligus menjawab pertanyaan.
  • Berbagi aplikasi/hal yang akan dilakukan sebagai respons terhadap firman Tuhan.

Metode 4

  • Ayat kunci, bacaan ayat, dan renungan dibaca secara pribadi oleh setiap anggota. Lalu, direnungkan.
  • Hasil perenungan dibagikan dalam kelompok.
  • Berbagi aplikasi/hal yang akan dilakukan sebagai respons terhadap firman Tuhan.

Pada bagian akhir proses PA, setiap anggota menyampaikan pokok doa untuk didoakan bersama. Metode apa pun bisa dilakukan, tetapi yang terpenting adalah kita bisa memahami firman Tuhan dan melakukan kehendak-Nya. Kiranya Tuhan membukakan hati dan pikiran kita sehingga kita dimampukan untuk terus melekat kepada Kristus, pokok anggur kita.

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.


Mulai PA Online sekarang!


Kegiatan #Ayo_PA!

Pelatihan #Ayo_PA! di GMIT Kupang

22-04-2017 (13.00)
GMIT Kupang

Pelatihan #Ayo_PA! di GKT Bandar Lampung

13-03-2017 (10.00)
Gereja Kristus Tritunggal Bandar Lampung

Pelatihan PA dengan Gadget (#Ayo_PA!) -- GPI Adonai, Bali

28-02-2017 (18.00)
GPI Adonai, Denpasar, Bali

Pelatihan PA Menggunakan Gadget - STTII Denpasar

28-02-2017 (13.00)
STTII, Denpasar, Bali

Blog posts

Sebagai yayasan yang bergerak dalam bidang Biblical Computing, YLSA terus menggalakkan pentingnya pendalaman Alkitab, khususnya dengan memanfaatkan teknologi dan alat

Yey, akhirnya saya menulis blog lagi. Kesempatan berharga bagi saya untuk berbagi kebaikan Tuhan kepada Anda semua.

Pada 10 April 2018, tim SABDA kembali mendapat kesempatan untuk mengadakan Roadshow #Ayo_PA! di

Tentang #Ayo_PA!

#Ayo_PA! mendorong khususnya anak-anak muda untuk mencintai Alkitab dan memiliki kebiasaan melakukan Pemahaman Alkitab (PA) dengan memanfaatkan teknologi digital semaksimal mungkin.

Selengkapnya