Skip to main content

Pendalaman Alkitab: Pemuridan

Pendalaman Alkitab: Pemuridan

Walaupun beberapa tahun yang lalu staf YLSA pernah menggunakan bahan renungan Oswald Chambers (ROC) untuk melakukan PA bersama di kantor YLSA, pada Juli 2017, seluruh staf YLSA kembali menggunakan renungan ROC selama 1 bulan. Banyak pelajaran iman yang kami dapatkan dari prosesnya. Melalui bahan ROC ini kita bisa belajar arti menjadi murid Kristus secara lebih mendalam.

Beranjak ke Agustus ini, kami mengganti tema PA dengan berfokus pada kata "pemuridan". Tema ini kami pilih dalam rangka menyambut acara +TED @SABDA yang akan diadakan pada tanggal 4 Agustus 2017 dengan tema "Pemuridan Abad 21". Melalui tema PA ini kami belajar dengan lebih dalam arti pemuridan dan bagaimana aplikasinya pada era digital. PA dengan tema Pemuridan ini terdiri dari beberapa tahap, dan kami lakukan dengan berdiskusi, baik dalam kelompok besar maupun kecil secara bergantian. Prosesnya bisa Anda simak pada poin-poin di bawah ini.

1. Mencari kata 'Murid' dan artinya dalam Alkitab.
Cara yang dilakukan beragam. Bisa berdasarkan pengalaman PA pribadi, mencari arti 'murid' dari aplikasi Kamus Alkitab, atau mencari ayat-ayat yang mengandung kata "murid" lewat aplikasi Android Alkitab SABDA atau situs Alkitab SABDA, dan mencari akar katanya dalam bahasa Ibrani dan Yunani. Ditemukan bahwa dalam Perjanjian Baru, kata murid hanya ada dalam kitab Injil dan Kisah Para Rasul. Kata murid dalam bahasa Ibrani adalah "limmud" dan dalam bahasa Yunani adalah "mathetes". Bentuk kata kerja mathetes adalah matheteuo yang artinya memuridkan orang lain (Matius 27:57, 28:19).
2. Mencari keluarga kata yang setara dengan kata "murid".
Kami menemukan bahwa kata murid memiliki sinonim/keluarga kata dengan: anak buah, anak didik, mahasiswa, mahasiswi, pelajar, pengikut, penuntut, siswa, peniru, dsb.. Dalam kata murid juga terkandung unsur belajar, diajar, disiplin, mengajar, meniru, didik, dsb..
3. Membahas mengapa kata "pemuridan" tidak ada dalam Alkitab?
Dari diskusi ada beberapa kesimpulan, kata "pemuridan" memang tidak disebutkan dalam Alkitab karena dari segi bahasa, kata itu bukan kata baku. Namun, bukan berarti tidak ada pemuridan. Unsur-unsur pemuridan ada dalam Alkitab seperti kata murid, proses belajar, pengikut Kristus, pengajaran, didikan, disiplin, dsb.. Dalam seluruh Alkitab, unsur-unsur pemuridan sangat jelas.
4. Menarik kesimpulan tentang apa arti "murid" dan "pemuridan" dan aplikasinya dari tujuh presentasi pada acara TED Pemuridan (kelompok besar). (Ket. Anda bisa melihat kembali materi-materi yang telah disampaikan melalui situs murid21.org.
5. Eksplorasi makna "pemuridan" secara bebas dengan mengaitkan antara tema "pemuridan" dan tema-tema penting lainnya. Contoh topik diskusi yang dibahas dalam tahap ini, antara lain "apa hubungan pemuridan dengan gereja" atau "bagaimana aplikasi pemuridan pada era digital". Masing-masing kelompok bisa membahas topik yang berbeda.
6. Melakukan refleksi dan diskusi tentang "apakah kita sudah dimuridkan" dan "oleh siapa kita dimuridkan".

 

Kami mendorong Anda untuk ikut melakukan PA bertemakan pemuridan ini. Harapannya, kita semua mau dimuridkan; serta memuridkan orang lain agar hidup kita berbuah dan berkontribusi dalam pembangunan anggota-anggota tubuh Kristus lainnya. Selamat mencoba.

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.


Mulai PA Online sekarang!


Kegiatan #Ayo_PA!

Pelatihan #Ayo_PA! di GMIT Kupang

22-04-2017 (13.00)
GMIT Kupang

Pelatihan #Ayo_PA! di GKT Bandar Lampung

13-03-2017 (10.00)
Gereja Kristus Tritunggal Bandar Lampung

Pelatihan PA dengan Gadget (#Ayo_PA!) -- GPI Adonai, Bali

28-02-2017 (18.00)
GPI Adonai, Denpasar, Bali

Pelatihan PA Menggunakan Gadget - STTII Denpasar

28-02-2017 (13.00)
STTII, Denpasar, Bali

Blog posts

Hasil Belajar Pendalaman Alkitab: 1 Korintus 1-16

Pendalaman Alkitab: 1 Korintus

Pendalaman Alkitab: Pemuridan

Tentang #Ayo_PA!

#Ayo_PA! mendorong khususnya anak-anak muda untuk mencintai Alkitab dan memiliki kebiasaan melakukan Pemahaman Alkitab (PA) dengan memanfaatkan teknologi digital semaksimal mungkin.

Selengkapnya