Skip to main content

Pendalaman Alkitab dengan Renungan Oswald Chambers

Pada pertengahan Juni hingga akhir Juli 2017, staf YLSA melakukan Pemahaman Alkitab (PA) menggunakan renungan karya Oswald Chambers dari buku My Utmost for His Highest. Renungan ini merupakan salah satu kompilasi perkataan Oswald Chambers ketika memimpin renungan di seminari di Clapham, London, dan ketika ia melayani sebagai pendeta militer selama era Perang Dunia I. Biddy Chambers, istri Oswald, membuat catatan-catatan singkat dengan sangat cepat dari setiap khotbah dan ceramah-ceramah panjang Oswald. Hasilnya adalah salah satu buku terlaris Kristen yang diterbitkan pada 1927, My Utmost for His Highest.

PA di YLSA menggunakan bahan ROC My Utmost for His Highest yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh M. Agustinus Purba. Sebanyak 366 bahan dalam ROC masing-masing terdiri dari dua bagian utama, yaitu ayat dan renungan. Untuk menggunakan ROC, silakan pilih tanggal renungan yang diinginkan. Anda dapat memperoleh bahan-bahan digital ROC melalui:

  1. Fitur Renungan dalam Aplikasi Alkitab SABDA Android
  2. Aplikasi ROC (Renungan Oswald Chambers)
  3. Modul ROC dalam Software SABDA
  4. Situs Alkitab Mobi
  5. Situs Renungan.Co
  6. SABDA Bot (Telegram)

Untuk ber-PA menggunakan ROC di YLSA, kami membentuk kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 -- 5 orang dan melakukan metode berikut ini.

  1. Baca ayat renungan hari itu beserta konteksnya (perikopnya). Lalu, renungkan (simak dan analisa) selama 5 -- 10 menit.

  2. Diskusi dalam kelompok. Bagikan apa yang didapat dari perenungan ayat-ayat tersebut.

  3. Baca/simak renungan hari itu dengan membaca secara pribadi/bersama/bergiliran, atau mendengarkan audio ROC [link] selama 5 -- 10 menit.

  4. Diskusikan kembali hasil belajar dari renungan yang dibaca dan hubungannya dengan ayat Alkitabnya.

  5. Masing-masing anggota kelompok membagikan penerapan (aplikasi) sebagai tindakan nyata dalam menghidupi firman Tuhan dan renungan hari itu.

  6. Menutup PA dengan ucapan syukur atas firman Tuhan dengan doa bersama.

Kami sangat senang mengajak Anda melakukan PA dengan bahan dari ROC. Melalui renungan-renungan di dalamnya, Oswald Chambers mengajak kita untuk kembali kepada Alkitab, memahami relasi orang percaya dengan Allah dan aplikasi praktisnya dalam kehidupan sehari-hari. Kiranya menjadi berkat! (Aji)

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.


Mulai PA Online sekarang!


Kegiatan #Ayo_PA!

Pelatihan #Ayo_PA! di GMIT Kupang

22-04-2017 (13.00)
GMIT Kupang

Pelatihan #Ayo_PA! di GKT Bandar Lampung

13-03-2017 (10.00)
Gereja Kristus Tritunggal Bandar Lampung

Pelatihan PA dengan Gadget (#Ayo_PA!) -- GPI Adonai, Bali

28-02-2017 (18.00)
GPI Adonai, Denpasar, Bali

Pelatihan PA Menggunakan Gadget - STTII Denpasar

28-02-2017 (13.00)
STTII, Denpasar, Bali

Blog posts

Pendalaman Alkitab: 1 Korintus

Pendalaman Alkitab: Pemuridan

Pada pertengahan Juni hingga akhir Juli 2017, staf YLSA melakukan Pemahaman Alkitab (PA) menggunakan renungan karya

Tentang #Ayo_PA!

#Ayo_PA! mendorong khususnya anak-anak muda untuk mencintai Alkitab dan memiliki kebiasaan melakukan Pemahaman Alkitab (PA) dengan memanfaatkan teknologi digital semaksimal mungkin.

Selengkapnya