Skip to main content

Pendalaman Alkitab: Tiga Kitab Hikmat (Amsal, Pengkhotbah, Ayub)


Pada Februari 2017, seluruh staf YLSA melakukan Pendalaman Alkitab (PA) dengan mempelajari tiga kitab Hikmat, yaitu Amsal, Pengkhotbah, dan Ayub. PA ini kami lakukan dengan bantuan bahan-bahan multimedia berupa video dan audio. Dalam melakukan PA, kami memanfaatkan video-video dari The Bible Project yang dapat diunduh secara gratis. Tersedia dua macam video, video animasi-penuh dan video Read Scripture yang lebih menekankan pada animasi infografis. Sementara itu, untuk bahan audio, kami menggunakan bahan-bahan dari Alkitab Suara.

Prosesnya sendiri kami pisahkan menjadi tiga bagian. Pada hari pertama, kami mempelajari satu kitab Hikmat dengan menggunakan video animasi-penuh dari The Bible Project yang berdurasi kurang lebih 3 menit. Video jenis pertama ini mengulas kitab Hikmat secara menyeluruh, dan sangat membantu kami dengan menjelaskan pesan utama penulis kitab tersebut. Pada hari kedua, prosesnya kurang lebih sama, tetapi menggunakan video Read Scripture yang berupa animasi-infografis. Perbedaannya, ulasan dalam video jenis kedua ini lebih mendetail, dan memberi penjelasan kitab Hikmat melalui beberapa pasal yang terkait, atau melalui bagian per bagian. Pada hari ketiga, kami memanfaatkan Alkitab Suara untuk menyimak beberapa pasal. Tidak semua pasal akan disimak, melainkan hanya beberapa pasal saja yang kami anggap saling berkorelasi. Tiap metode diakhiri dengan diskusi dalam kelompok kecil, 3 - 4 orang. Terkadang, kami juga menyiapkan "guided questions" untuk memandu kami mempelajari hal-hal utama yang perlu didiskusikan lebih lanjut.

Untuk melengkapi pemahaman yang sudah kami dapat, keesokan harinya kami melakukan sharing di kelompok besar. Tujuannya supaya mendapatkan banyak masukan untuk melengkapi hasil belajar kami sebelumnya. Kami bersyukur karena ketiga cara ini menolong kami lebih mengerti pelajaran-pelajaran penting dari masing-masing kitab Hikmat, sekaligus melengkapi metode membaca yang biasanya hanya mempelajari satu perikop atau mengulas satu ayat.

Anda juga bisa menerapkan cara-cara di atas untuk mendukung kegiatan PA Anda, baik secara pribadi maupun berkelompok. Salah satu cara, misalnya dengan menonton video, atau menggabungkannya dengan mendengarkan Alkitab audio. Atau, Anda juga bisa mengombinasikannya dengan metode-metode PA lain yang Anda ketahui. Selamat mencoba. (Aji)

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.


Mulai PA Online sekarang!


Kegiatan #Ayo_PA!

Pelatihan #Ayo_PA! di GMIT Kupang

22-04-2017 (13.00)
GMIT Kupang

Pelatihan #Ayo_PA! di GKT Bandar Lampung

13-03-2017 (10.00)
Gereja Kristus Tritunggal Bandar Lampung

Pelatihan PA dengan Gadget (#Ayo_PA!) -- GPI Adonai, Bali

28-02-2017 (18.00)
GPI Adonai, Denpasar, Bali

Pelatihan PA Menggunakan Gadget - STTII Denpasar

28-02-2017 (13.00)
STTII, Denpasar, Bali

Blog posts

Pendalaman Alkitab: 1 Korintus

Pendalaman Alkitab: Pemuridan

Pada pertengahan Juni hingga akhir Juli 2017, staf YLSA melakukan Pemahaman Alkitab (PA) menggunakan renungan karya

Tentang #Ayo_PA!

#Ayo_PA! mendorong khususnya anak-anak muda untuk mencintai Alkitab dan memiliki kebiasaan melakukan Pemahaman Alkitab (PA) dengan memanfaatkan teknologi digital semaksimal mungkin.

Selengkapnya