Skip to main content

Roadshow di SMA Negeri 5 Surakarta

[#Ayo_PA!] Gerakan #Ayo_PA! di SMA Negeri 5 Surakarta

Sudah 4 bulan YLSA memulai gerakan #Ayo_PA! dan gerakan ini cukup memberkati Digital Native pada umumnya. Kali ini, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) mendapatkan kesempatan memberikan pelatihan #Ayo_PA! untuk 130 siswa Kristen SMA Negeri 5 Surakarta, dari kelas X -- XII, pada ibadah PSKS (Persekutuan Siswa Kristen Surakarta) SMAN 5, Jumat, 5 Agustus 2016, seusai jam sekolah. Dengan didampingi oleh guru Pendidikan Agama Kristen, Bapak Jemmy K. Sanger, mereka mengikuti pelatihan dengan cukup antusias.

Seperti biasa, pelatihan dibagi menjadi dua bagian, yang pertama adalah presentasi tentang generasi Z dan teknologi, yang menjelaskan bahwa generasi Z atau 'Digital Native' lahir dan hidup di era kemajuan teknologi digital. Bagian kedua, memberikan penjelasan tentang metode S.A.B.D.A. (Simak, Analisa, Belajar, Doa/Diskusi, Aplikasi) dan bagaimana menggunakan alat-alat aplikasi Android yang sudah di-instal di HP. Mereka diminta langsung mempraktikkan PA dengan metode S.A.B.D.A. dengan HP mereka. Sebagai generasi Digital Native, mereka tidak ada kesulitan mempraktikkan metode ini dengan menggunakan gadget mereka.

Ibadah diakhiri dengan ucapan terima kasih dan kesimpulan dari Bapak Jemmy. Kami sangat terkesan ketika beliau mengatakan bahwa peraturan yang sebelumnya melarang siswa membuka HP saat ibadah PSKS, dicabut. "Dahulu, kami memandang HP dari sisi kiri. Sekarang, kami juga dapat melihat HP dari sisi kanan," demikian pernyataan beliau setelah mengikuti presentasi gerakan #Ayo_PA! Sekolah perlu membuka mata para siswa bahwa teknologi bisa digunakan dengan benar untuk kemuliaan Tuhan, sesuai dengan slogan, "GADGETKU UNTUK PERTUMBUHAN ROHANIKU DAN TEMAN-TEMANKU!" (Ariel)

Tanggal
Lokasi
GKJ Bibis Luhur
(dalam acara PSKS SMA Negeri 5 Surakarta)
Jenis Kegiatan

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.


Mulai PA Online sekarang!


Kegiatan #Ayo_PA!

Pelatihan #Ayo_PA! di GMIT Kupang

22-04-2017 (13.00)
GMIT Kupang

Pelatihan #Ayo_PA! di GKT Bandar Lampung

13-03-2017 (10.00)
Gereja Kristus Tritunggal Bandar Lampung

Pelatihan PA dengan Gadget (#Ayo_PA!) -- GPI Adonai, Bali

28-02-2017 (18.00)
GPI Adonai, Denpasar, Bali

Pelatihan PA Menggunakan Gadget - STTII Denpasar

28-02-2017 (13.00)
STTII, Denpasar, Bali

Blog posts

Pada Maret-April 2017, staf YLSA meneruskan pembelajaran kitab hikmat dengan mempelajari satu-satunya kitab hikmat yang ada di Perjanjian Baru, yaitu kitab Yakobus. Menurut sejarah, Yakobus adalah kerabat Yesus, dan seorang yang banyak membaca kitab Amsal, Pengkhotbah, Ayub, atau khotbah-khotbah Yesus di bukit pada kitab-kitab Injil. Tidak mengherankan, pengajaran-pengajarannya banyak memiliki kemiripan dengan atau dipengaruhi oleh ajaran kitab-kitab hikmat PL dan ucapan-ucapan Yesus. Sebelum memulai pembelajaran kitab Yakobus, sekali lagi kami mencoba melihat gambaran umum kitab Yakobus dengan menyimak video kitab Yakobus yang dibuat oleh tim The Bible Project berupa animasi infografis. Kemudian, kami menerapkan lima metode PA berikut ini sebagai sarana untuk membantu mempelajarinya. Berikut penjelasannya.

Tentang #Ayo_PA!

#Ayo_PA! mendorong khususnya anak-anak muda untuk mencintai Alkitab dan memiliki kebiasaan melakukan Pemahaman Alkitab (PA) dengan memanfaatkan teknologi digital semaksimal mungkin.

Selengkapnya