Skip to main content

#Ayo_PA! di GKA abdi SABDA

Masih dalam rangkaian Pelatihan Digital Ministry, bersama dengan teman-teman dari GRII Karawaci, hari Minggu, 17 Juli 2016 yang lalu, kembali diadakan roadshow gerakan #Ayo_PA!. Roadshow kali ini dilakukan di GKA abdi SABDA, tepatnya setelah ibadah Minggu berlangsung. Seperti biasa, sehari sebelum roadshow dilakukan, rekan-rekan GRII Karawaci yang akan melakukan presentasi akan berlatih bersama dan mempersiapkan materi. Dalam roadshow ini, Kak Edwin bertugas sebagai MC, sedangkan presentasi dibawakan oleh Pak Rene dan Pak Lukas. Hari Minggu pagi, rombongan tim Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) dan peserta Pelatihan Digital Ministry, berangkat bersama dari Griya SABDA untuk makan pagi, kemudian bersama-sama mengikuti ibadah pagi di GKA abdi SABDA. Saya memutuskan untuk langsung pergi ke GKA abdi SABDA dan duduk di samping Pak Lukas. Firman pada hari Minggu itu dibawakan oleh Bapak Gembala, Pdt. Franky, sementara jalannya Ibadah dipimpin oleh Kak Yoazer, salah satu mahasiswa teologi yang melakukan praktik pelayanan di GKA abdi SABDA. Pada waktu penyampaian firman, Pak Lukas memanfaatkan smartphonenya untuk membuka Alkitab dan mencatat poin-poin dalam ibadah itu, menarik sekali bahwa teknologi dapat digunakan untuk membantu kita mengingat firman Tuhan yang pernah kita dapat. Sayang sekali hari itu saya tidak bisa mencatat dengan smartphone karena HP saya digunakan untuk dokumentasi.

Ibadah Minggu selesai pada pukul 11.00 WIB dan jemaat GKA abdi SABDA yang ingin mengikuti roadshow dipersilakan untuk masuk ke dalam ruangan seminar. Rekan-rekan staf YLSA juga membuka booth di luar ruangan ibadah. Saya sangat bersyukur pada Allah. Sekalipun lokasi booth dan cuaca hari itu terasa sangat panas, hal tersebut ternyata tidak mengurangi semangat jemaat GKA abdi SABDA untuk melihat produk pelayanan dan mengambil bahan-bahan yang mereka perlukan. Ketika saya memasuki ruangan seminar, saya melihat beberapa jemaat membawa DVD dari booth. Kak Yeremia, yang juga mahasiswa praktik di GKA abdi SABDA, sempat bercerita pada saya bahwa dia mengambil CD Audio Alkitab dengan bahasa Lampung. "Saya akan berikan pada jemaat di Lampung ketika saya pulang nanti," ucapnya dengan bahagia. Seperti biasanya, roadshow dimulai dengan melakukan installasi aplikasi-aplikasi ke dalam handphone peserta. Setelah selesai melakukan installasi, Kak Edwin maju dan melakukan perkenalan di hadapan jemaat GKA abdi SABDA. Acara dilanjutkan dengan Pak Rene yang menyampaikan presentasi mengenai generasi digital. Pak Rene menyampaikan presentasi dengan sangat menarik, beberapa kali terdengar canda tawa dari ruangan karena candaan Pak Rene dalam menyebut beberapa istilah yang familiar di telinga generasi Z, namun asing di generasi yang lebih senior.

Presentasi berikutnya dibawakan oleh Pak Lukas, yaitu presentasi untuk melakukan PA Digital dengan menggunakan metode SABDA. Peserta roadshow terlihat sangat antusias dalam mengikuti setiap langkah metode S.A.B.D.A.. David, salah satu peserta Pelatihan Digital Ministry, sempat mengajarkan beberapa langkah dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Ibu Hendrina dan Kak Yoazer terkait menggunakan aplikasi untuk melakukan PA. Pada presentasinya, Pak Lukas juga membagikan kembali poin-poin dalam khotbah yang tadi sudah dicatat di dalam aplikasi Alkitab Android SABDA. Dalam roadshow kali ini, setelah presentasi selesai, kami juga memperkenalkan lagu "PA SABDA" yang diciptakan oleh mbak Tika. Mbak Evie maju untuk memimpin kami menyanyi dengan diiringi oleh permainan gitar Kak Yeremia. Puji Tuhan! Sekalipun peserta roadshow berasal dari kalangan usia yang sangat beragam (dari pemuda hingga dewasa) mereka sangat bersemangat dalam mengikuti irama lagu dan mencoba menyanyikan lagu "PA SABDA". Roadshow diakhiri dengan foto bersama dengan peserta. Tim Roadshow kembali dengan pujian dan ucapan syukur kepada Allah. Memang, teknologi itu bagaikan dua wajah... dia bisa menjadi pengaruh buruk bagi perkembangan iman bila tidak digunakan dengan bijaksana, namun, ketika digunakan untuk mengenal Allah dan didasarkan atas firman Tuhan, teknologi juga bisa membantu kita untuk semakin bertumbuh mengenal Dia dan menerapkan firman-Nya.

Ditulis oleh: Bara

Selamat Paskah 2021

Pustaka Paskah Online

BaDeNo

SABDA Live

Info Corona

Ingin mengundang tim #Ayo_PA! ? Kunjungi link ini.


Mulai PA Online sekarang!


Kegiatan #Ayo_PA!

Pelatihan #Ayo_PA! di GMIT Kupang

22-04-2017 (13.00)
GMIT Kupang

Pelatihan #Ayo_PA! di GKT Bandar Lampung

13-03-2017 (10.00)
Gereja Kristus Tritunggal Bandar Lampung

Pelatihan PA dengan Gadget (#Ayo_PA!) -- GPI Adonai, Bali

28-02-2017 (18.00)
GPI Adonai, Denpasar, Bali

Pelatihan PA Menggunakan Gadget - STTII Denpasar

28-02-2017 (13.00)
STTII, Denpasar, Bali

Blog posts

Sejujurnya, saya bukan tipe orang yang suka bepergian, apalagi kalau jarak yang harus ditempuh lumayan jauh.

Saya bersyukur diberi kesempatan lagi untuk menulis blog. Saya rindu membagikan berkat yang saya terima ketika mengikuti roadshow SABDA di GKI Ngupasan, Yogyakarta.

Ketika kami mendapat undangan dari GRII Sydney untuk memberikan seminar tentang “digital ministry“, kami menawarkan enam topik seminar ya

Tentang #Ayo_PA!

#Ayo_PA! mendorong khususnya anak-anak muda untuk mencintai Alkitab dan memiliki kebiasaan melakukan Pemahaman Alkitab (PA) dengan memanfaatkan teknologi digital semaksimal mungkin.

Selengkapnya